(0264) 214952 / (0264)8225153
  info@stt-wastukancana.ac.id

Teknik Industri(S1)

Profil

Teknik Industri adalah suatu ilmu yang mencakup bidang desain, perbaikan (pemeliharaan), operasi produksi dan pemasangan dari system integral yang terdiri dari manusia (SDM), bahan-bahan (material), mesin, keuangan dan metoda (manajemen). Hal ini digambarkan sebagai pengetahuan dan keterampilan yang sfesifik pada matematika, fisik dan ilmu-ilmu social bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain untuk mengkhususkan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem dan industry.

Teknik industri berkenaan dengan proses adalah : untuk memperbaiki performansi keseluruhan dari sistem yang dapat diukur dari ukuran-ukuran ekonomi, pencapaian kualitas, dampak terhadap lingkungan dan bagaimana semua hal tersebut dapat memberikan manfaat pada kehidupan manusia.


Profil Lulusan Teknik Industri

Profil dan Kompetensi Sarjana Teknik Industri :

  1. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah-masalah sistem integral menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/ atau eksprimental.
  2. Mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampak penerapan keilmuan Teknik Industri Terhadap konteks global/social.
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif.
  4. Mampu bekerja sama dalam kelompok yang bersifat multi disiplin baik dalam peran sebagai pemimpin maupun anggota kelompok.
  5. Mampu menerapkan teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktik profesi ke-teknik-industrian-nya.
  6. Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika.

VISI TEKNIK INDUSTRI

Meyiapkan mahasiswa menjadi Sarjana Teknik Industri yang mampu melakukan perancangan dan penganalisaan dalam bidang industri manufaktur maupun jasa.


MISI TEKNIK INDUSTRI

  1. Memiliki kemampuan untuk merancang, menjalankan dan memperbaiki sistem terintegrasi yang meliputi manusia, material, uang , MESIN, METODE.
  2. Mampu menggunakan suatu kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang : Teknik, Matematika dan ilmu Sosial lainnya.
  3. Mampu memiliki pengetahuan yang luas dan perspektif suatu organisasi dalam hal produktivitas, kualitas dan efektifitas.
  4. Memiliki keterampilan yang kuat dalam kerja tim dan komunikasi antar personal.
  5. Mampu mengembangkan penelitian terapan dan melanjutkan studi ke yang lebih tinggi.
  6. Mampu menjalankan dan berwirausaha dalam bisnis keTeknik-Industrian.

Kelompok Keahlian :

1. Rekayasa Sistem Manufaktur
  • Perancangan (Design) : Mampu merancang sistem manufaktur dimulai dari penjabaran kebutuhan pasar menjadi parameter design dan rancangan produk serta sistem manufakturnya.
  • Perekayasaan (Engineering) : Memahami rekayasa transformasi produksi khususnya yang terkait dengan interaksi manusia, machine dan material.
  • Fabrikasi (Manufacturing) : Mampu menangani proses pembuatan produk serta menguasai metode pengoprasian pabrik dan fungsi manajemen yang terkait serta perbaikannya (improvement).
  • Wawasan usaha (Bussines Insight) : Mampu mengidentifikasikan kebutuhan pasar serta peluang usaha dan memperkirakan kelayakan usahanya.
2. Rekayasa Manajemen Industri
  • Peracangan (Design) : Mampu merancang sistem manajemen yang sesuai dengan karakteristik sistem manufakturnya.
  • Pengoprasian (Operation) : Memahami dan mampu menangani proses manajamen (Planning, Organizing,Actuating, Controlling), mampu untuk memimpin, memotivasi serta bekerja sama dengan berbagai unsur yang terkait (Leadership).
  • Perbaikan (improvement) : Mampu mengenali masalah dan melakukan perbaikan.
  • Wawasan Usaha (Business Insight) : Mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar serta peluang usaha dan memperkirakan kalayakan usahanya serta merealisasikannya.