(0264) 214952 / (0264)8225153
  info@stt-wastukancana.ac.id

Teknik Tekstil(D3)

Profil

Teknik Tekstil adalah studi tentang aplikasi prinsip-prinsip sains dan teknik untuk melaksanakan proses produksi, pengendalian proses, permesinan, desain dan mutu tekstil.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang Teknik Tekstil yang sangat kurang dibandingkan dengan perkembangan Industri Tekstil di wilayah Purwakarta – Subang – Karawang dan Indonesia pada umumnya yang memiliki kemampuan professional dalam operasional dan pengembangan industry Tekstil dan Produk Tekstil.


Profil Lulusan Teknik Tekstil

Lulusan Program Studi Teknik Tekstil diarahkan untuk bisa menempati posisi menajemen menengah di industry pemintalan menang, pertenunan dan perajutan. Profil lulusan Teknik Tekstil diharapkan memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses produksi tekstil mulai dari kebutuhan bahan baku, proses setengah jadi dan proses akhir produksi, serta dilengkapi dengan kemampuan mengevaluasi dalam rangka menjaga kualitas serta mengembangkan produk tekstil.


Peluang Wirausaha Teknik Tekstil

  1. Nilai estetika kain tekstil Indonesia sangat unik dank has sehingga diminati tidak hanya oleh kalangan pecinta kerajinan tekstil di Indonesia namun juga di mancanegara.
  2. Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap Sandang dan Produk Tekstil meningkat.
  3. Ketersedian bahan baku tekstil di Indonesia sangat melimpah.
  4. Kemampuan Sumber Daya Manusia di bidang tekstil masih jarang.